Peningkatan hasil belajar matematika Siswa melalui model Problem Based Learning berbantuan media video animasi
DOI:
https://doi.org/10.30872/primatika.v12i2.2721Keywords:
Peningkatan, Hasil belajar, Problem Based Learning, Video animasiAbstract
Matematika merupakan pelajaran yang telah dipelajari mulai sekolah dasar, namun rata-rata hasil belajar matematika di SMP Negeri 6 Samarinda masih di bawah nilai KKM yaitu 53,67. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika Siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan bantuan media video animasi di kelas VIII SMP Negeri 6 Samarinda. Subjek penelitian adalah 24 Siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran PBL dan media video animasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumen, tugas, lembar observasi, dan tes akhir siklus. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah perhitungan rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menujukkan bahwa model PBL berbantuan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika Siswa. Pada siklus I, II, dan III, aktivitas Guru termasuk dalam kategori sangat baik. Pada siklus I, aktivitas Siswa termasuk dalam kategori baik dan pada siklus II dan III termasuk dalam kategori sangat baik. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil belajar matematika Siswa meningkat menjadi 73,64 dan 50% Siswa mencapai nilai KKM. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 82,40 dan 75% Siswa telah mencapai KKM. Pada siklus III, nilai rata-rata hasil belajar meningkat menjadi 85,22 dan 87,5% Siswa telah mencapai nilai KKM.
Downloads
References
Arifin, S. (2022). Model PBL (Problem Based Learning) berbasis kognitif dalam pembelajaran matematika. Adanu Abimata.
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video Siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 63-73. https://doi.org/10.20961/jpd.v7i1.29002
Krissandi, A. D. S., Sudigdo, A., & Nugraha, A. S. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Soal Berbasis AKM Jenjang SMA: Disertai Kompetensi Dasar dan Pembahasan Soal AKM Literasi-Numerasi SMA. Kanisius.
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan hasil belajar Siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460-1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
Kusumahwardani, D., Pramadi, A., & Maspupah, M. (2022). Peningkatan hasil belajar Siswa menggunakan video animasi audiovisual berbasis animaker pada materi sistem gerak manusia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 110-115. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1665
Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan pembelajaran. Rajawali Press.
Rahmawati, A. & Hanifah. (2021). Penerapan video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 251-255. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.251-255
Rusman, Kurniawan, D., & Riana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Mengembangkan profesi Guru. Raja Grafindo Persada.
Sari, D. P. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika Siswa kelas VI melalui penerapan media video animasi. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 39-45. https://doi.org/10.51878/science.v1i1.191
Sari, R. T. (2021). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media video animasi Powtoon terhadap hasil belajar matematika materi SPLDV pada Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Nganjuk tahun pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 16(2), 59-68.
Sriwati, I. G. A. P. (2021). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 2(2), 302-313. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244635
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2011). Penelitian tindakan kelas: Sebagai sarana pengembangan keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bayumedia.
Yuswantoro, N., & Adi, A. W. (2022). The application of Problem Based Learning (PBL) learning model assisted by video media to increase Students learning outcomes in thematic learning in 4th-grade elementary school. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(1), 90-99. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i1.18240
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika applies the license of CC BY-SA 4.0 (a Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License). This license allows authors to keep ownership of the copyright of their papers. But this license permits any user to download, print out, extract, reuse, archive, and distribute the article, so long as appropriate credit is given to the authors and the source of the work. The license ensures that the article will be available as widely as possible and that the article can be included in any scientific archive. For more information, please see Creative Commons Attribution Share-Alike 4.0 International License.